Spirit Ramadhan Spirit Literasi

Bulan ramadhan telah tiba, bulan yang ditunggu oleh jutaan ribu umat islam di dunia. Bukan hal lain yang ditunggu selain keberkahan bulan ramadhan yang penuh dengan kelipat gandaan pahala. Ibarat petani bulan ramadhan ialah masa panen dari padi yang sudah ditanam beberapa bulan. Hasilnya pun tergantung bagaimana cara petani dalam memanfaatkan masa panen. Bulan ramadhanpun kurang lebihnya begitu kalau diibaratkan. Bulan ramdhan menjadi bulan yang senantiasa ditunggu karena keberkahan dibandingkan dengan bulan-bulan lainya. Semua amal ibadah baik wajib maupun sunah dilipatgandakan dan pintu surga dibuka secara lebar-lebara artinya semua pintu taubat dibuka dengan lapang asalkan sesuai dengan taubat nasuha. Hal itu juga berlaku dengan dosa, apabila kita melakukan dosa entah besar kecil apabila tidak segera bertaubat maka akan dilipatgandakan pada bulan tersebut.

Hal lain yang sering terlupa terkhusus dikalangan umat islam Indonesia belum begitu mengetahui begitu jelas esensi dari diwajibkannya berpuasa dibulan ramdhan. Hal terbalik yaitu umat islam di Indonesia berfikir bulan ramdhan hanya berpuasa saja padahal ada esensi lain yang terdapat dalam bulan tersebut. Tentang spirit literasi, kita sering memperingati Nuzulul Qur’an yaitu diturunkanya Al-Qur’an akan tetapi kita tidak menangkap dari arti diturunkan Al-Qur’an pada bulan ramadhan. Selain kemuliaan bulan ramadhan ada hal lain yang ingin diperlihatkan Alllah SWT kepada umat manusia terkhusus umat islam. Bahwa Allah iingin memberikan pelajaran dasar tentang kebesarnya melalui perintah pertama dalam surat pertama Al-Quran yang turun pada waktu itu. Bahwa perintah itu manusia disurruh Iqra’ (Membaca) bahwa perintah itu mengisyaratkan bahwa perinthh awal yang harus diperlajari umat islam ialah membaca. Entah membaca tertulis maupun tersirat dalam kebesaraNya di alam semestaNya.

Iqra’ yang tercantum dalam surat Al-Alaq memberikan panduan kepada kita umat islam untuk senantiasa menjadikan “membaca” sebagai kebutuhan sehari-hari. Membaca apapun, tidak ada batasan untuk jenis bacaan yang harus dibaca. Melalui kesadaran tersebut selain wawasan yang akan didapatkan, umat islam akan mudah menghadapi fenomena dan permasalahan dalam kehidupan dengan cara bijaksana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s